Inilah Bahaya Begadang Bagi Wanita

Justang Zealotous | 00.49 | 3 komentar

Inilah Bahaya Begadang Bagi Wanita
Inilah Bahaya Begadang Bagi Wanita - Pola tidur yang tidak teratur tak cuma meningkatkan risiko penyakit kronis, tetapi juga mempengaruhi kesuburan. Perempuan yang sering bergadang misalnya, cenderung lebih susah punya anak dibandingkan jika pola tidurnya selalu teratur.

Dugaan ini didasarkan pada teori yang mengatakan bahwa makhluk hidup, khususnya mamalia dan tumbuhan punya jam biologis yang disebut siklus sirkardian. Siklus ini mengatur berbagai fungsi organ di dalam tubuh, termasuk di antaranya sistem reproduksi.

Ketika seseorang sering bergadang atau jarang tidur, siklus ini mengalami gangguan. Salah satu dampak yang bisa diamati pada sistem perempuan adalah siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur, yang berarti juga berpengaruh terhadap masa suburnya.

Untuk membuktikan teori ini, para peneliti dari Northwestern University lantas melakukan sebuah sksperimen pada tikus betina. Setelah dibuahi para pejantan, 18 ekor tikus ditempatkan dalam kandang yang lampunya selalu menyala dan 18 lainnya di kandang yang gelap.

Dalam beberapa hari berikutnya, hanya 50 persen tikus dari kelompok pertama yang melahirkan anak tikus sementara pada kelompok kedua malah cuma 20 persen. Perbedaannya tampak cukup mencolok dibandingkan pada kelompok kontrol, yang angka kelahirannya mencapai 90 persen.

"Saya pikir ide yang sangat menarik dalam penelitian ini adalah bahwa jam biologis pada indung telur memegang peran penting dalam proses terjadinya kehamilan," kata Keith Summa yang memimpin penelitian ini, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (29/5/2012).

Meski demikian tidak semua ahli sepakat dengan hasil penelitian ini, termasuk Dr Neil Goodman, seorang pakar endokrinologi dari Boston. Meski terbukti pada tikus, ia meragukan hal yang sama berlaku pada manusia karena menurutnya hewan uji yang paling memiliki kemiripan sistem reproduksi dengan manusia bukanlah tikus melainkan kera.

Hubungan antara pola tidur dengan sistem reproduksi khususnya pada perempuan sebenarnya sudah pernah diteliti sebelumnya. Salah satunya membuktikan bahwa para perawat yang sering masuk malam cenderung memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Masih pada hobby untuk begadang?

sumber:http://rindayalun.blogspot.com/2012/05/bahaya-begadang-untuk-para-wanita.html

Category:

About menyerap.blogspot.com:
Blog Menyerap adalah blog informasi yang aneh, unik, misteri, cinta, lucu, heboh, entertaiment dan semua artikel merupakan salinan dari berbagai sumber. Jika terdapat artikel yang telah didapatkan dari sumber Anda dan itu merugikan, silahkan kirim pengaduan di "Kontak Kami"

Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Bagaiman Mbak Brow...Masih Mau Begadang?

    BalasHapus
  2. untung aneh dah tobat jadi pegadang holic, wkwkw
    dl tiap hari begadang smpai mata merah,

    BalasHapus

Thanks for your visiting!


Buat Anda yang ingin menyampaikan saran, kritik, masukan, kesan atau pesan dengan artikel ini. Silahkan berikan komentar Anda di bawah ini. Jika Anda TIDAK memiliki akun google, silahkan ganti dengan NAME/URL.


Peringatan!
Komentar dengan menggunakan unsur SARA, PORNOGRAFI, LINK, PROMOSI, atau yang berbau sinis lainnya. Tidak akan kami tayangkan.