Adakah Ujian Nasional di Luar Negeri?

Justang Zealotous | 01.11 | 2 komentar

Adakah Ujian Nasional di Luar Negeri?
Nampaknya, hanya negara Indonesia yang melakukan Ujian Nasional (UN) yang 'amburadul' meski dengan biaya mencapai setengah triliun rupiah, sehingga mendapat banyak penolakan dan kecaman dari berbagai pihak.

Di luar negeri, apalagi negara maju seperti Kanada misalnya, tidak ada Ujian Nasional karena dianggap tak bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di negara itu. Dari hasil kunjungan kerja Komisi X DPR RI terkait RUU Pendidikan ke Belanda dan Kanada, tidak ada UN di negara tersebut.

Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar yang ikut rombongan ke Kanada, mengungkapkan, Kanada pernah mengalami keruwetan sistem pendidikan seperti di Indonesia. "Mereka menyarankan kepada kita untuk konsentrasi pada penataan SDM. Cari yang terbaik kalau bisa datangkan dari negara lain," kata Raihan, Minggu (18/12/2011).

Menurutnya, di Kanada terdapat penjaminan mutu pendidikan yang kontrolnya sangat kuat. Bahkan di Kanada tidak ada ujian nasional (UN). "Karena lembaga penjamin mutu ini benar-benar bekerja secara ketat dari pendidikan dasar hingga menengah. Sehinga murid yang akan masuk ke perguruan tinggi cukup dengan rapor terakhir," jelas Raihan.

Di Kanada, lanjut dia, perguruan tinggi tidak sulit lagi untuk menerima murid darimana pun sekolahnya. Karena standar sekolah di sana sudah sesuai dengan standar perguruan tinggi yang akan dimasuki setiap lulusan sekolah. "Jadi ketika seorang murid mendaftar ke sebuah perguruan tinggi dan rapor terakhir sesuai standar perguruan tinggi tersebut, murid tinggal masuk tak ada persoalan. Mereka jadi saling percaya," paparnya.

Menurut Raihan, hal ini kebalikan dengan di Indonesia, perguruan tinggi banyak yang tidak percaya dengan lulusan sekolah menengah. Saling tidak percaya standar ini yang menyebabkan pemborosan keuangan negara karena harus menyelenggarakan UN dan ujian mandiri. "Coba bisa dibayangkan uang setengah triliun untuk UN kalau dialihkan untuk meningkatkan mutu pendidikan," bebernya.

Sumber: http://www.jakartapress.com/detail/read/8199/tak-ada-ujian-nasional-di-negara-negara-lain

Category:

About menyerap.blogspot.com:
Blog Menyerap adalah blog informasi yang aneh, unik, misteri, cinta, lucu, heboh, entertaiment dan semua artikel merupakan salinan dari berbagai sumber. Jika terdapat artikel yang telah didapatkan dari sumber Anda dan itu merugikan, silahkan kirim pengaduan di "Kontak Kami"

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. UN membuat pelajar semakin amburadul, kgak ad gunax sekolah selam 3 thun kalau camn d tentukan 4 hari.

    BalasHapus
  2. Jangan hanya 4 hari itu mebuat waktu kita selama 3 tahun sia sia

    BalasHapus

Thanks for your visiting!


Buat Anda yang ingin menyampaikan saran, kritik, masukan, kesan atau pesan dengan artikel ini. Silahkan berikan komentar Anda di bawah ini. Jika Anda TIDAK memiliki akun google, silahkan ganti dengan NAME/URL.


Peringatan!
Komentar dengan menggunakan unsur SARA, PORNOGRAFI, LINK, PROMOSI, atau yang berbau sinis lainnya. Tidak akan kami tayangkan.