8 Menu Wajib Berbuka Puasa Khas Indonesia

Justang Zealotous | 19.32 | 1 komentar

menu berbuka puasa
Menjelang bulan puasa, banyak tradisi unik yang hanya berlangsung di bulan puasa saja. Seperti kebiasaan ngabuburit sambil belanja takjil untuk pengantar buka puasa. Nah, tak ketinggalan tentang minuman spesial untuk berbuka puasa, menu-menu minuman manis dan menyegarkan menjadi favorit tersendiri. Berikut beberapa minuman sedap dari berbagai daerah di Indonesia khas untuk berbuka puasa.
1. Teh Manis. Minuman yang satu ini boleh dibilang merupakan minuman nasional, dapat dengan mudah dijumpai dijumpai di seantero Indonesia. Es teh manis menyegarkan atau teh manis hangat bisa menjadi pembuka untuk mengisi perut setelah seharian tidak diisi. Mantap, menyegarkan, dan merakyat ;)
Image : air-n-water
2. Es Pisang Ijo. Ijo atau yang artinya warna hijau, es yang satu ini merupakan sajian asli dari daerah Makasar, Sulawesi Selatan. Berbahan dasar pisang dengan balutan adonan tepung berwarna kehijauan, warna hijau didapat dari daun pandan atau air daun suji. Dicampur dengan es yang menyegarkan, es pisang ijo ini bisa menjadi menu mantap pilihan menjelang berbuka puasa.
Image : anekaresepmasakan.info
3. Es Kacang Merah. Rasa manis, legit, segar, serta sehat dengan paduan kacang merah yang penuh gizi dan menyehatkan ini berasal dari Manado. Tampilan warna merah kacang yang dipadu dengan santan dan es serut terlihat begitu menggoda. Bisa juga ditambahkan serutan daging kelapa muda di dalamnya.
Image : citydirectory.co.id
4. Es Cendol. Es yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di pinggir jalanan Ibu Kota, sedangkan di Jawa es ini lebih mirip dengan es dawet. Es Cendol merupakan selera nusantara, terbuat dari tepung beras berwarna hijau yang dipadu dengan santan, gula merah, dan dinginnya es batu. Es yang satu ini bahkan masuk dalam urutan ke-45 versi CNN sebagai salah satu minuman terlezat di dunia ;)
Image : pulaukelapa.webs
5. Es Kopyor. Es nikmat untuk pelepas dahaga, setelah seharian berpuasa, menyegarkan tenggorokan dengan es yang satu ini pastinya mantap! Tidak ada keterangan jelas darimana es yang satu ini, tetapi yang jelas es ini termasuk selera nusantara. Siapa yang belum pernah mencicipi segarnya es ini? ;)
Image : goodhousekeeping
6. Es Teler. Menurut beberapa sumber, es teler diciptakan di Jakarta oleh seorang pedagang es campur gerobak di tahun 1980an. Campuran berbagai macam buah seperti apel, pepaya, melon, alpukat, juga agar-agar, dan campuran lainnya. Penampilannya sekilas mirip dengan es campur. Mantap dan menggoda selera ;)
Image : kompasiana
7. Es Timun Suri. Es dengan bahan dasar buah timun suri yang dicampur dengan segarnya es batu. Untuk rasa manis bisa ditambahkan gula cair, sirup, atau susu sebagai penambah selera. Pas banget untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa :)
Image : variasikuliner.blogspot
8. Kolak. Siapa yang tak kenal kolak? Minuman atau lebih pantasnya mungkin termasuk makanan wajib saat berbuka puasa. Bisa disajikan dalam bentuk kolak hangat yang nikmat atau dicampur dengan es batu yang menyegarkan. Campuran pisang, ubi, singkong, dan nangka, serta racikan santan dan gula jawa bercampur menjadi satu paduan sajian khas semasa bulan Ramadhan. Mantap!
Image : acmi-indonesia

Category:

About menyerap.blogspot.com:
Blog Menyerap adalah blog informasi yang aneh, unik, misteri, cinta, lucu, heboh, entertaiment dan semua artikel merupakan salinan dari berbagai sumber. Jika terdapat artikel yang telah didapatkan dari sumber Anda dan itu merugikan, silahkan kirim pengaduan di "Kontak Kami"

Comments
1 Comments

1 komentar:

Thanks for your visiting!


Buat Anda yang ingin menyampaikan saran, kritik, masukan, kesan atau pesan dengan artikel ini. Silahkan berikan komentar Anda di bawah ini. Jika Anda TIDAK memiliki akun google, silahkan ganti dengan NAME/URL.


Peringatan!
Komentar dengan menggunakan unsur SARA, PORNOGRAFI, LINK, PROMOSI, atau yang berbau sinis lainnya. Tidak akan kami tayangkan.