Tips Menjaga Berat Badan Selama Puasa di Bulan Ramadhan

Justang Zealotous | 23.13 | 0 komentar

tips jaga berat badan saat puasa
Puasa dapat menurunkan kecepatan metabolisme, sehingga menjadi cara efektif mencegah penambahan berat badan yang kerap terjadi pada saat berpuasa.

"Dengan metabolisme yang lambat, berat badan akan bertambah dengan mudah," ujar Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi, dr Tirta Prawita Sari di Jakarta, Selasa (2/7).

Pengurus Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia itu mengatakan, salah satu cara untuk mencegah penambahan berat badan saat berpuasa adalah tetap beraktivitas dan tidak memanjakan tubuh sendiri. Sebab, pada dasarnya tubuh memiliki asupan makanan yang cukup saat sahur untuk menghasilkan energi di siang hari.

"Kita perlu menjamin agar metabolisme itu tetap cepat. Sehingga, harus tetap beraktivitas. Bayangkan, apabila setelah makan sahur kemudian tidur, makanan yang dimakan akan tersimpan dalam tubuh menjadi lemak karena tidak dibakar menjadi energi," ujar Tirta.

Menurut Tirta, puasa berdampak berbeda pada status gizi orang setiap orang, namun keberhasilan menjaga berat bedan saat berpuasa dapat diukur dari berat badan dan lingkar perut seseorang. "Ada yang badannya kelihatan gemuk, namun lingkar perutnya kecil, itu bisa dikatakan berhasil dan lebih sehat dibandingkan yang kelihatannya kurus namun lingkar perutnya lebar dan cenderung membuncit," ujarnya.

Karenanya, lanjut Tirta, memilih makanan yang tinggi serat, cukup protein, cukup lemak baik, mengurangi garam, mengonsumsi makanan yang tidak terlalu matang dan memperbanyak minum air putih dapat membantu menjaga asupan energi dan keseimbangan berat badan saat berpuasa.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/07/02/mpb3z0-kiat-jitu-jaga-berat-badan-saat-puasa

Category: , ,

About menyerap.blogspot.com:
Blog Menyerap adalah blog informasi yang aneh, unik, misteri, cinta, lucu, heboh, entertaiment dan semua artikel merupakan salinan dari berbagai sumber. Jika terdapat artikel yang telah didapatkan dari sumber Anda dan itu merugikan, silahkan kirim pengaduan di "Kontak Kami"

0 komentar

Thanks for your visiting!


Buat Anda yang ingin menyampaikan saran, kritik, masukan, kesan atau pesan dengan artikel ini. Silahkan berikan komentar Anda di bawah ini. Jika Anda TIDAK memiliki akun google, silahkan ganti dengan NAME/URL.


Peringatan!
Komentar dengan menggunakan unsur SARA, PORNOGRAFI, LINK, PROMOSI, atau yang berbau sinis lainnya. Tidak akan kami tayangkan.